Memasang Peta Google pada Footer OJS

Advertisements

Setiap jurnal seyogyanya menampilkan informasi selengkap-lengkapnya tentang lembaga penerbitnya. Tujuannya adalah pembaca dapat mengetahui secara detail lembaga dan meyakinkan pembaca bahwa lembaga penerbit adalah lembaga resmi dan ril adanya. Pada dasarnya, OJS telah menyediakan feature untuk memasukkan informasi identitas lembaga penerbit dan menampilkannya pada halaman web OJS. OJS sudah menyediakan kolon footer untuk menampilkan informasi identitas. Pengelola jurnal cukup mengetikkan langsung pada kolom tersebut mulai dari nama jalan, nomor, gedung, lantai dan sebagainya. Akan tetapi, informasi identitas lembaga penerbit dapat ditampilkan secara lebir ril dengan menggunakan Google Map. Dengan fasilitas google ini, alamat ril lembaga bisa ditampilkan dalam peta yang langsung menuju lokasi ril lembaga. Hal ini tentunya akan menambah keyakinan pembaca bahwa lembaga penerbit kita benar-benar ada dan ril, bukan abal-abal sebagaimana banyak bertebaran jurnal yang bersifat abal-abal. Menampilkan alamat lengkap lembaga dengan menggunakan map cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya (sebelumnya, Anda sudah login pada web ojs dan berada pada halaman pengaturan website jurnal pada pilihan Appearance):

1. Buka Google Map.

2. Ketik alamat lembaga.

3. Pada tanda lingkaran, klik kanan dan pilih “Ada apa di sini?” atau pada bar kiri terdapat tautan BAGIKAN

4. Pada halaman pop up, klik SEMATKAN PETA INI

5. Copy kode html yang ditampilkan atau klik SALIN HTML

6. Paste pada kolom pengaturan Footer pada halaman Setting Website –> Appearance

7. Klik SAVE pada pengaturan pada langkah nomor 6.

8. Selesai.

Apabila langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar dan berhasil, peta alamat lembaga penerbit jurnal akan tampil pada halaman jurnal di bagian Footer (paling bawah).

Sekian dan selamat mencoba.

2 thoughts on “Memasang Peta Google pada Footer OJS”

    1. Apakah kode html sudah dipaste pada halaman input code html? Letaknya ada pada icon <>. Bila icon <> diklik, akan tampil kotak teks tempat paste code html-nya. Silakan buka video tutorialnya di s.id/berbagiTutorial. Coba diulangi lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.