PEMAKNAAN VERBA BAHASA INGGRIS DAN UPAYA PENINGKATAN PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN VERBA

PEMAKNAAN VERBA BAHASA INGGRIS DAN UPAYA PENINGKATAN PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN VERBA
Gek Wulan Novi Utami, I Gusti Nyoman Putra Kamayana
FEH Universitas Dhyana Pura
wulannoviutami@undhirabali.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk memahami pemaknaan verba dengan mengambil penggunaan verba bahasa Inggris oleh mahasiswa Sastra Inggris dalam proses pembelajaran khsususnya dalam presentasi dan diskusi sebagai data. Fenomena ini sering dihadapi pengajar dan pembelajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris yang diajarkan sejak tingkat dasar hingga tingkat universitas sehingga riskan terjadinya interpretasi yang keliru mengakibatkan penggunaan yang tidak sesuai oleh penutur. Data dikumpulkan dengan observasi dan didukung teknik rekam dan catat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dianalisis dengan eksplikasi pemaknaan berdasarkan teori metabahasa semantik alami. Data disajikan dengan metode formal dan informal serta teknik deduktif dan induktif. Adapun temuan penelitian ini antara lain verba to look, to gaze, to hear, to listen, to search, to seek, to quest yang digunakan tidak sesuai konteksdan memengaruhi mitra tutur sehingga informasi tidak diterima sesuai harapan. Selain itu, upaya-upaya peningkatan pengajaran dan pembelajaran kosakata khususnya verba bahasa Inggris dapat dilakukan dengan mempelajari dan memahami fitur semantis, mengembangkan skema semantik, dan pembelajaran kosakata umum dan strategi pembelajaran.

Kata kunci: makna, verba bahasa Inggris, Metabahasa Semantik Alami

Download Full Text PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.